PENDAPAT 4 IMAM
MADZHAB TENTANG KHOTBAH DALAM BAHASA ARAB.
شُرُوْطُ
خُطْبَتِي الصَّلاَةِ
هَلْ تُشْتَرَطُ اَنْ تَكُوْنَا
بِالْعَرَبِيَّةِ. وَ هَلْ تُشْتَرَطُ بِالْنِّيَّةِ
1.
الحَنَفِيَّةِ
قَالُوْا تَجُوْزُ الْخُطْبَةُ بِغَيْرِ
الْعَرَبِيَّةِ وَلَوْ لِقَادِرٍ عَلَيْهَا. سَوَاءٌ كَانَ الْقَوْمُ عَرَبِيًّا
اَوْغَيْرَهُمْ.
2.
اَلْحَنَابِلَةُ
قَالُوْا
لاَتَصِحُّ الْخُطْبَةُ بِغَيْرِ الْعَرَبِيَّةِ اِنْ كَانَ قَادِرًا عَلَيْهَا
فَاِنْ عَجَزَ عَنِ اْلاِتْيَانِ بِهَا اَتَى بِغَيْرِهَا مِمَّا يُحَسِّنُهُ.
سَوَاءٌ كَانَ الْقَوْمُ عَرَبًا اَوْ غَيْرَهُمْ. لَكِنَّ اْلاَيَةَ الَّتِي هِيَ
رُكْنٌ مِنْ اَرْكَانِ الْخُطْبَتَيْنِ لاَ يَجُوْزُ لَهُ اَنْ يَنْطِقَ بِهَا
بِغَيْرِ الْعَرَبِيَّةِ. فَيَأْتِي بَدَلَهَا بِاَيِّ ذِكْرٍ شَاءَ
بِالْعَرَبِيَّةِ فَاِنْ عَجَزَ سَكَتَ بِقَدْرِ قِرَاءَةِ اْلاَيَةِ.
3. الشَّافِعِيَّةُ
قَالُوْا
يَشْتَرَطُ اَنْ تَكُوْنَ اَرْكَانُ الْخُطْبَتَيْنِ بِالُّغَةِ الْعَرَبِيَّةِ
فَلاَ يَكْفِي غَيْرُ الْعَرَبِيَّةِ مَتىَ اَمْكَنَ تَعَلُّمُهَا. فَاِنْ لَمْ
يُمْكِنْ خَطَبَ بِغَيْرِهَا. هَذَا اِذَا كَانَ الْقَوْمُ عَرَبًا. اَمَّا اِنْ
كَانُوْا عَجَمًا فَاِنَّهُ لاَ يُشْتَرَطُ اَدَاءُ اَرْكَانِهِماَ
بِالْعَرَبِيَّةِ مُطْلَقًا. وَلَوْ اَمْكَنَهُ تَعَلَّمُهَا مَا عَدَا اْلاَيَةَ.
فَاِنَّهُ لاَبُدَّ اَنْ يَنْطِقَ بِهَا بِالْعَرَبِيَّةِ. اِلاَّ اِذَا كَانَ عَجَزَ
عَنْ ذَلِكَ فَاِنَّهُ يَأْتِي بَدَلَهَا بِذِكْرٍ اَوْدُعَاءٍ عَرَبِيٍ. فَاِنَّ
عَجَزَ عَنْ هَذَا اَبْضًا فَعَلَيْهِ اَنْ يَقِفَ بِقَدْرِ قِرَاءَةِ اْلاَيَةِ
وَلاَ يُتَرْجِمُ. وَاَمَّا غَيْرُ اَرْكَانِ الْخُطْبَةِ فَلاَيُشْتَرَطُ لَهَا
الْعَرَبِيَّةُ بَلْ ذَلِكَ سُنَّةٌ.
4. الْمَالِكِيَّةُ
قَالُوْا
يُشْتَرَطُ فىِ الْخُطْبَةِ اَنْ تَكُوْنَ بِاللُّغَةِ الْعَرَبِيَّةِ وَلَوْكَانَ
الْقَوْمُ عَجَمًا لاَيَعْرِفُوْنَهَا. فَاِنْ لَمْ يُوْجَدُ فِيْهِمْ مَنْ
يُحْسِنُ اللُّغَةَ الْعَرَبِيَّةَ بِحَيْثُ يُؤَدِّي الْخُطْبَةَ بِهَا سَقَطَتْ
عَنْهُمْ الْجُمُعَةُ.
(الفقه
على المذاهب الاربعة . 1 . 391-392)
SYARAT-SYARAT KHOTBAH SHOLAT.
APAKAH DISYARATKAN DENGAN BAHASA ARAB? DAN APAKAH DISYARATKAN DENGAN NIAT ?
1. Madzhab Hanafi
Berkata mereka (Madzhab Hanafi)
“Dibolehkan khotbah tanpa bahasa Arab meskipun mampu berbahasa Arab. Sama saja
baik bagi orang Arab maupun selain orang Arab”.
2. Madzhab Hambali
Berkata mereka (Madzhab Hambali)
“Tidak syah khotbah tanpa bahasa Arab jika mampu berbahasa arab. Maka jika
tidak mampu menggunakan bahasa Arab, boleh dengan tanpa bahasa Arab dan
menggunakan bahasa yang dia kuasai. Sama saja baik bagi orang Arab maupun
selain orang Arab. Akan tetapi ayat-ayat yang merupakan rukun dari beberapa
rukun khotbah tak boleh diucapkan dengan selain bahasa Arab. maka mendatangkan
dia pada pengganti ayat dengan peringatan/nasehat yang menghendaki dia dengan
bahasa Arab, maka jika tidak mampu juga, khotib harus diam kira-kira sepanjang
ayat”.
3. Madzhab Syafi’i
Berkata mereka (Madzhab
Syafi’i) “Disyaratkan jika ada khotbah
dalam bahasa Arab, maka tidak cukup tanpa bahasa Arab selagi bisa mempelajari
bahasa Arab. Maka jika tidak sempat
belajar bahasa Arab maka khotbah dengan selain bahasa Arab. Ini berlaku
pada orang Arab. Adapun orang selain Arab maka tidak disyaratkan/mutlak pada
kedua khotbah dengan bahasa Arab, meskipun sempat belajar bahasa Arab, tetapi
ayat-ayat harus diucapkan berbahasa Arab. Kecuali jika tidak mampu mengucapkan
dengan bahasa Arab maka mengganti dia
pada ayat dengan peringatan/nasehat atau
ajakan yang menghendaki dia dengan bahasa Arab. Maka jika tidak mampu juga,
maka dia harus berhenti (diam) kira-kita sepanjang ayat. Dan jangan
diterjemahkan”.
4. Madzhab Maliki
Berkata mereka (Madzhab Maliki)
“Disyaratkan dalam khotbah dengan bahasa Arab meskipun orang selain orang Arab
yang tidak mengerti bahasa Arab. Maka jika tidak dijumpai dikalangan mereka
orang khotbah berbahasa Arab dengan baik maka rusak jumatan tersebut.
Dikutip dari : Kitab Alfikha
alaalmazhaahabilarba’ah
Tidak ada komentar:
Posting Komentar