Cari Blog Ini


Sabtu, 16 Februari 2013

Damai itu Indah



Damai atau dalam bahasa Inggris adalah peace, dalam bahasa Arab salam. Islam mengajarkan untuk damai, baik damai antara sesama manusia, manusia dengan hewan, manusia dengan tumbuhan maupun antara manusia dengan alam. Hidup damai dan bersaudara itu indah, tidak ada saling mengkotak-kotakkan antara agama, suku budaya. Setiap umat, bebas menjalankan kewajiban ibadah menurut kepercayaannya, tanpa ada larangan dari siapapun. 
Berharap di Indonesia dapat terjadi hal ini, tetapi kenyataannya sekarang bangsa kita yang dahulunya aman dan tentram, sehingga terkenal dengan keramah tamahannya, saat ini berubah menjadi buas dan ganas. Ibarat kata, kalau tidak bermusuhan dengan orang, rasanya kurang nikmat.
Padahal bangsa kita adalah bangsa yang Bhinneka Tunggal Ika, berbeda-beda agama dan suku tetapi tetap satu dan padu. Sepertinya semboyan seperti itu sudah sirna dari pemikiran bangsa kita, sehingga sering terjadi pergesekan sedikit langsung memanas.
Mayoritas penduduk Indonesia adalah beragama Islam. namun sangat ironis, Islam yang mengajarkan perdamaian, dewasa ini Islam di tanah air terlihat begitu bengis dan kejam, dengan ditandai bermunculannya ormas-ormas beraliran keras yang dengan leluasa merazia warga lain. kemudian muncul juga label-label aliran sesat, sebagian kelompok dengan mudahnya digolongkan kedalam golongan aliran sesat hanya karena terjadi sedikit perbedaan bahkan ada juga yang menjadikan isu ini untuk kepentingan pribadi maupun golongan.
Hidup damai harus mulai kita bangun tanpa melihat latar belakang seseorang, urusan agama hendaknya tidak menjadi dasar untuk perpecahan, karena Agama adalah sebuah kebutuhan religius antara dia dan penciptanya. berapapun banyaknya agama, aliran agama, suku, bangsa tapi ketahuilah bahwa semuanya pasti mengajarkan untuk hidup damai.
maka dakwah dengan cinta semakin dibutuhkan dan didambakan oleh banyak fihak, dakwah yang mengedepankan kesantunan, dakwah yang lemah lembut.
Berharap Indonesia dapat menjadi negara yang aman dan menjadi contoh negara yang memiliki banyak suku dan agama, tetapi tetap damai selalu.

Tidak ada komentar: